Membangun Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Online



Melakukan bisnis online memang mudah dan dapat dilakukan oleh banyak kalangan. Bahkan mungkin hampir semua kalangan dapat melakukannya. Kemudahan dalam berbisnis online ini sering kali dijadikan ajang penjualan secara asal-asalan atau bahkan dijadikan sebagai ajang penipuan semata. Akan hal tersebut, membuat beberapa customer menjadi sanksi akan keamanan untuk bertransaksi via online.


Hal tersebut jelas sangat merugikan para pebisnis online yang benar-benar menekuni bidang ini dan pastinya tidak mempunyai maksud negatif. Kebanyakan dari mereka mendapatkan nilai yang jelek pula seperti dengan bisnis-bisnis online sebelumnya yang memiliki niat tidak baik. Hal demikian sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan penjualan bisnis online dalam negeri, khususnya untuk para pebisnis online yang bertujuan baik.

Mendapatkan kepercayaan masyarakat dari suatu citra yang baik untuk meningkatkan penjualan produk memang tidaklah mudah. Banyak diantara para pebisnis online yang gagal dalam mengambil simpati serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga produk yang dipasarkan tidak laku terjual, padahal mereka tidak semuanya memiliki niat yang buruk. Untuk meningkatkan penjualan bisnis online dan menarik kepercayaan para pembeli, ada beberapa hal harus di perhatikan. Berikut strategi meningkatkan penjualan online :

1. RENCANAKAN STRATEGI

Langkah awal yang penting sebelum action adalah buat list rencana strategi penjualan. Online perlu menerapkan ini, misalnya penentuan terget penjualan, penentuan list daftar strategi apa saja yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan, siapa yang akan menjalankan strateginya, dll.

2. JALANKAN ANALISIS SWOT

Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk mengembangkan strategi bisnis, apakah Anda membangun bisnis atau mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat Anda kontrol dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Ketika Anda melakukan analisis SWOT, Anda akan mempelajari strategi yang solid untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah tahu semua yang perlu Anda lakukan untuk berhasil, tetapi analisis SWOT akan memaksa Anda untuk melihat bisnis yang dimiliki dengan cara baru dan dari arah baru. Anda akan melihat kekuatan dan kelemahan bisnis, dan mengatur cara agar bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada di pasar Anda.


 3. MAKSIMALKAN INSTAGRAM

Instagram menjadi salah satu social media yang paling pesat perkembangannya saat ini, dengan begitu banyak penggunanya maka akan semakin besar potensi untuk mendatangakan traffic dari aplikasi tersebut. Untuk memaksimalkannya anda harus melakukan beberapa langkah, yakni:
– Fokus pada konten
– Bangun komunikasi
– Perbesar follower
– Lakukan dengan konsisten
Instagram dengan follower yang besar dan respon yang tinggi, imbasnya dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan kunjungan di halaman website anda.

4. MAKSIMALKAN FACEBOOK

Maksimalkan Facebook untuk membangun interaksi dan memperbesar kunjungan di website kita:
– Gunakan Fanspage
– Konsisten update status
– Jadwalkan secara rutin
– Maksimalkan fitur
– Gunakan Facebook Ads

5. MAKSIMALKAN DATABASE

Jangan anggap remeh database, database menjadi cara ampuh untuk memperbesar penjualan di masa mendatang, database misalnya adalah list daftar nama pembeli, nomor HP pembeli, bangun grup WA atau simpan dengan rapi alamat email mereka.
Intinya, database jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.

6. PERBANYAK PILIHAN PRODUK

Pada dasarnya salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan perbanyak pilihan produk. Misalnya, jenis produk, tipe produk, varian produk, ataupun produk pelengkap. Strategi ini juga salah satu cara agar pelanggan tidak beralih ke pesaing.


7. PUNYA TIM PENJUALAN

Tim penjualan adalah ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan agar kita tidak menjalani bisnis sendirian, usahakan untuk membangun tim yang solid. Tim penjualan bertugas untuk melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai dan juga melakukan strategi sales dan promosi yang efektif.

8. PELAYANAN YANG RESPONSIF

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pebisnis online adalah memiliki pelayanan yang responsif. Artinya, pelayanan jangan lambat, ketika ada konsumen yang mau order produk, kita harus cepat melayani mereka. Jika kita lambat, konsumen bisa pindah ke pesaing.

9. BANGUN RESELLER

Salah satu ciri online yang sukses memiliki tim reseller. Bangun strategi reseller untuk memperbesar penjualan. Reseller adalah orang yang menjualkan kembali produk kita dan ada ketentuan pembagian keuntungan untuk setiap produk yang dijualnya. Hal penting untuk strategi ini, usahakan agar reseller diberikan pelatihan, sehingga penjualannya bisa maksimal karena sudah diberi training.

10. MARKET PLACE

Selain website online shop, kita juga bisa menggunakan website marketplace e-commerce, misalnya tokobagus, bukalapak, ataupun bisa jual di kaskus. Intinya, ini sebagai nilai tambah, channel tambahan untuk mempromosikan produk kita.

Demikianlah artikel dari kami tentang 10 Strategi Meningkatkan Penjualan Online Shop Semoga informasi  ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia. Salam sukses

Contact

Salam Hangat Untuk Anda

Apa yang akan Anda beli tidak bisa menjamin kesuksesan bisnis Anda. Hasil yang anda dapatkan mungkin berbeda, tergantung pada faktor ketekunan, Action dan lain sebagainya.. Pikirkan kembali apa yang akan anda putuskan. Jangan sampai menyesal setelah membeli. Apa yang saya tawarkan tidak bersifat mengikat. Tidak ada janji apa-apa, kecuali yang saya tawarkan di atas.

Address:

Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Saturday from 9am to 5pm

Whatsapp:

0877 8796 3505