2. Branding – Logo, Font & Warna
Website anda harus memiliki rasa & penampilan konsisten untuk logo, font, warna & bahasa. Hal ini akan memunculkan keyakinan bagi para pengunjung website & membantu memperkuat brand anda.
Branding sangat cocok bagi siapapun Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat website untuk bisnis yang tak kalah saing dengan perusahaan yang sudah besar.
Apakah website anda menggunakan personal brand yang konsisten?
3. Pilihan Foto Yang Eye-Catching & Magnetic
Pemilihan gambar menjadi hal sangat penting untuk memenuhi tujuan bisnis anda & menyempurnakan desain serta layout anda. Bila website anda memakai foto yang baik, anda akan mendapatkan angka konversi penjualan yang lebih tinggi.
Para pemilik bisnis lain yang memiliki website – juga memberitahu saya bahwa desain & estetika website adalah area yang selalu ditinjau agar menjadi lebih baik.
4. Navigasi Jelas, Rapi & Bersahabat
Website yang navigasinya mudah membuat para pengunjung betah untuk mengekplorasi halaman isinya & mendapatkan lebih banyak informasi tentang barang atau jasa anda.
Saya sendiri sering menjumpai website yang navigasinya tidak jelas. Itu sangat buruk.
Website dengan navigasi bersahabat akan menaikkan konversi penjualan anda seperti yang anda lihat di website ini.
Kenapa ini harus dilakukan?
Ada beberapa tipe orang yang ingin berbelanja (baik di online, ataupun di offline).
Pertama, mereka yang suka muter-muter dulu cari kemana-mana, setelah mendapatkan barang yang dia inginkan, barulah dia beli. Orang seperti ini tidak terlalu dikhawatirkan, karena memang mereka tidak mempermasalahkan navigasi.
Kedua, mereka yang masuk ke toko (online ataupun offline) langsung ingin menuju ke tempat yang benar-benar ingin dituju, misalnya, di Arenadigital.my.id ada yang ingin langsung mencari jasa pembuatan website, maka kami sediakan navigasi yang langsung mengarah ke halaman jasa buat website.
Ketiga, mereka yang tertarik dengan display yang mencolok. Misalnya, mereka masuk ke dalam toko (online ataupun offline), mereka melihat ada promo tergantung di bagian atas (menjadi navigasi jika di website).
Apakah website Anda navigasinya jelas, tersusun rapi & bersahabat?
5. Detail Kontak Yang Jelas
Sangatlah perlu bagi pengunjung website agar dapat menghubungi Anda untuk pertanyaan atau bantuan lebih lanjut. Hal ini amat krusial agar website anda menjadi user friendly, transparan & dipercaya.
Saya sering menemukan website yang tidak ada telepon nomor & alamatnya.
Selain itu, saya tahu banyak pengunjung website yang membatalkan pembelian dengan mengabaikan shopping cart saat check out – setelah mengetahui website itu tidak mencamtumkan detail kontak yang jelas.
Apakah website anda sudah mencamtumkan detail kontak yang jelas?
6. Headline Persuasif Yang Membuat Anda Berhenti & Membaca
Tips membuat website selanjutnya adalah memanfaatkan headline yang berada di setiap halaman. Headline yang persuasif & jelas-jelas menjelaskan manfaat akan membuat pengunjung anda berhenti & menjelajahi website anda.
Banyak split test telah membuktikan bahwa headline sangatlah berpengaruh besar seperti yang kami gunakan di Arenadigital.my.id. Headline anda akan menentukan apakah pengunjung website akan bertahan di website anda … atau segera kabur karena merasa website anda tidak layak dilihat & hanya menghabiskan waktu.
Pelajarilah bagaimana cara membuat website dengan HTML, karena headline ini biasanya hanya perlu perubahan di bagian HTML saja.
Ingat, kalau headline anda tidak menarik – konten anda tidak akan dibaca.
Apakah website anda sudah membuat headline yang persuasif?
7. Informasi Paling Penting Ditempatkan di Area Paling Atas Website Yang Terlihat Tanpa Di-Scroll
Belajar membuat website sama halnya belajar mendesain website. Di dalam web desain, istilah above the fold merujuk kepada area halaman web yang terlihat tanpa harus scrolling.
Secara logis, pengunjung website anda akan memberikan perhatian lebih besar & mengingat informasi terhadap hal yang muncul pertama kali & yang terakhir di website anda. Sebagian besar pengunjung website tidak mau men-scroll ke bawah – mereka hanya melihat bagian atasnya.
Bila mereka merasa website-nya tidak jelas dengan apa yang ditawarkan & tampilannya berantakan, mereka segera kabur ke website lain.
Apakah website anda sudah menampilkan informasi paling penting di area above the fold?
8. Promosi Konten – Blog, Video & Materi Download
Setiap web marketer mengetahui bahwa konten yang dibagikan akan menyebabkan terjadinya interaksi. Blog, video & materi download sangat berpengaruh terhadap pengunjung website untuk mengenal, menyukai & akhirnya percaya kepada anda.
Promosi konten mempengaruhi terjadinya konversi penjualan yang lebih besar.
Apakah website anda sudah mempromosikan konten berupa video, audio & materi download?
9. Call-To-Action Yang Kuat
Call-To-Action adalah teks atau desain grafis yang mendorong pengunjung website untuk mengambil langkah spesifik berikutnya di website anda. Langkah ini antara lain untuk subscribe newsletter, datang ke tempat anda atau meminta anda untuk menghubungi mereka.
Menambah call-to-action button menaikkan interaksi pengunjung website anda.
Call-To-Action button yang besar & kontras warnanya menyebabkan kenaikan klik di website anda.
Apakah website anda sudah memasang tombol call-to-action yang kuat?
10. Indikator Kepercayaan – Penghargaan, Jaminan & Testimoni
Indikator kepercayaan menunjukkan kepada calon pengunjung website bahwa anda adalah pilihan yang aman untuk melakukan bisnis. Selain itu, indikator kepercayaan memberikan mereka gambaran apa yang dapat mereka harapkan dari anda.
Para pengunjung website berkata bahwa ulasan positif membuat mereka lebih percaya terhadap perusahaan tersebut. Para pemilik bisnis berkata bahwa ulasan & reputasi perusahaan adalah dua faktor yang paling penting bagi mereka untuk melakukan kerja sama.